Monday, March 4, 2013

makalah observasi pemetaan materi kebahasaan dalam ktsp kelas viii di smp negeri 29 bandung



PEMETAAN MATERI KEBAHASAAN DALAM KTSP (SINTAKSIS)

Kelas VII Semester 1
Jenis Keterampilan Berbahasa
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Kebahasaan
Menyimak
1.      Memahami wacana lisan berbentuk laporan
1.1.Menganalisis laporan

1.2.Menanggapi isi laporan
Wacana lisan berbentuk laporan
Menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas
Berbicara
2.  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
2.  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
Wawancara dan presentasi laporan
Mengenalkan kalimat langsung,  tidak langsung, dan kalimat efektif
Membaca
3.  Memahami  ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
3.1. Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ Buku telepon dengan membaca memindai

3.2. Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah

3.3. Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
Membaca memindai, membaca cepat
Mengenalkan pembentukan kata, dan mengefektifkan kalimat
Menulis
4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
4.1. Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar

4.2. Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku

4.3. Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Laporan, surat dinas, dan petunjuk
Menjelaskan kalimat efektif, kalimat utama, dan kalimat penjelas
Berbicara
 6.   Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran

6.1. Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa

6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa
Bermain peran
Intonasi sebagai penanda perbedaan klausa dan penanda jenis kalimat (tanya, seru, berita)
Menulis
8.  Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
8.1. Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide

8.2.Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
Menulis kreatif naskah drama
Kalimat langsung (dialog), kalimat tidak langsung (narasi) dan improvisasi kalimat dalam pementasan drama




Kelas VIII Semester 2
Jenis Keterampilan Berbahasa
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Kebahasaan
Menyimak
9.  Memahami isi berita radio/televisi
9.1. Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi

9.2. Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/ televisi
Berita radio/televisi
Memahami kalimat berita
Berbicara
10.  Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
10.1 Menyam­paikan perse­tujuan, sang­gahan, dan penolakan pendapat da­lam diskusi disertai de­ngan bukti atau alasan

10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
Diskusi dan protokoler
Kalimnat tunggal dan kalimat majemuk
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
11.1 Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif

11.2. Menemu­kan informasi untuk bahan diskusi mela­lui membaca intensif

11.3 Membaca­kan teks beri­ta dengan in­tonasi yang tepat serta ar­tikulasi dan volume suara yang jelas
Membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
Menandai bagian kalimat yang menghubungkan kalimat utama dan kalimat penjelas serta mengidentifikasi fungsi kalimat yang mengandung fungsi keterangan, melafalkan kalimat, memvariasikan kalimat
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster

12.1. Menulis rangkuman buku ilmu pe­ngetahuan po­puler

12.2. Menulis teks berita secara sing­kat, padat, dan jelas

12.3. Menulis slogan/poster untuk berba­gai keperluan dengan pi­lih­an kata dan kalimat yang bervariasi, serta per­sua­si
Rangkuman, teks berita, slogan/poster
Menentukan struktur kalimat yang benar dan memperbaiki tanda baca, membedakan kalimat poster, kalimat imbauan, kalimat slogan, dan kalimat iklan.
Mendengarkan  
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan novel
13.1. Mengiden­tifikasi karak­ter tokoh no­vel remaja (asli atau ter­jemahan) yang dibaca­kan

13.2. Menjelas­kan tema dan latar novel remaja (asli atau terje­mah­an) yang dibacakan

13.3. Mendes­kripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Unsur intrinsik novel remaja
Memahami maksud kalimat
Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
14.1. Mengo­men­tari ku­tipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)

14.2 Menang­gapi hal yang menarik dari  kutipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)
Kutipan novel remaja
Kalimat langsung, kalimat tidak langsung, dialog, narasi
Membaca
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
15.1 Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)

15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari bu­ku antologi puisi
Buku novel remaja dan antologi puisi
Menerangkan pilihan kata dan pergeseran makna kata


Kaitan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dengan Buku Ajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran

Setelah menganalisis penulis menemukan kesesuaian antara Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat di dalam buku ajar.
Aplikasi Pembelajaran Sintaksis diterapkan dalam semua aspek kebahasaan namun hanya dibahas jika ada keterkaitan dengan materi ajar pada saat pembelajaran berlangsung karena Sintaksis terkait dalam pelajaran yang lainnya, contohnya dalam pembelajaran menulis surat resmi disinggung tentang bagaimana menggunakan kalimat yang efektif. Akibatnya, dalam berbahasa, kata-kata atau pola kalimat yang dilontarkan kurang efektif secara kaidah Sintaksis. Pembelajaran Sintaksis bersifat kondisional dan situasional karena disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Kurikulum Pembelajaran lebih kepada aplikasi (praktek) dibandingkan dengan materi. Dalam proses belajar mengajar, buku ajar yang digunakan harus sesuai dengan standar isi (sebagai bantuan), bukan standar isi yang menyesuaikan dengan buku ajar.

No comments:

Post a Comment