Thursday, November 28, 2013

Telaah Kurikulum dan Buku Teks





TELAAH BUKU TEKS KELAS X SMK TINGKAT SEMENJANA

MAKALAH

diajukan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks

dosen pengampu: Drs. Denny Iskandar, M.Pd.
Description: Description: D:\logo uPi\upi 2.jpg

disusun oleh:
Abdillah Al Hafidz                 NIM    1102448
Agnia Purwa Andani              NIM    1104999
Irene Mutiara Khaeranti          NIM    1105288
Tri Cahyana Nugraha              NIM    1105497
Miraz Hidayatullah                 NIM    1103752
DIK B
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2013
KATA PENGANTAR

Penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks. Makalah ini menganalisis tentang bab lima pada buku teks Bahasa Indonesia untuk jenjang SMK. Makalah ini terdiri atas tiga bab, bab satu pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan makalah, dan manfaat penulisan makalah. Bab dua pembahasan berisi pengertian buku teks, tujuan dari bab lima ini, materi yang terdapat dalam buku teks, pendekatan, metode yang digunakan, evaluasi yang terdapat dalam buku teks, bahasa yang digunakan, serta grafis. Bab tiga berisi simpulan dan saran dan terakhir daftar pustaka. Penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Maka, penulis  menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis tidak menutup kemungkinan dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan. Oleh karena itu, penulis berharap Bapak/Ibu Dosen dapat memberikan kritik dan saran yang membangun/konstruktif demi perbaikan makalah kedepan.


Bandung,  Mei 2013

Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .......................................................................................................... i
DAFTAR ISI .........................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ............................................................................................................1
B.     Rumusan Masalah ......................................................................................................  2
C.     Tujuan..........................................................................................................................  2
D.    Manfaat Penulisan ......................................................................................................  2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Buku Teks..................................................................................................3
B.     Tujuan Buku Teks........................................................................................................ 3
C.     Tema............................................................................................................................  4
D.    Pendekatan................................................................................................................... 4
E.     Materi...........................................................................................................................5
F.      Metode......................................................................................................................... 5
G.    Media............................................................................................................................6
H.    Evaluasi........................................................................................................................6
I.       Bahasa..........................................................................................................................7.
J.       Tampilan dan Grafis ..................................................................................................   7
BAB III PENUTUP
A.    Simpulan.....................................................................................................................   9
Saran...........................................................................................................................10
BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bahwa buku pelajaran atau buku teks/ buku ajar bahasa indonesia bermacam ragam dari berbagai pengarang. latar belakang penulisan makalah ini bertujuan untuk menelaah buku teks bahasa Indonesia pada jenjang SMK, untuk mengetahui bagaimana isi dari buku tersebut, bahasa yang digunakan, apakah bahasa yang digunakan mudah dimengerti atau tidak, relevan dan masih digunakan (tidak ketinggalan zaman).
Buku teks yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku teks ini sudah sesuai atau belum. Nilai buku teks bergantung pada bobotnya, juga pada misi, dan juga fungsinya.
Buku teks memiliki keterkaitan dengan proses pembelajaran. Sehingga, setiap guru dan lebih-lebih calon guru hendaknya membekali dirinya dengan pengetahuan tentang telaah buku teks. Guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku teks terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya.
Buku teks memegang peranan penting dalam pengajaran yang dapat memperlancar aktivitas siswa dalam pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Semakin baik kualitas buku teks, maka semakin sempurna pengajaran mata pelajaran yang ditunjang oleh buku teks tersebut. Buku ajar mengenai bahasa Indonesia untuk jenjang SMK yang bermutu, jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Indonesia dan hasil pengajaranya.
Kami dari kelompok lima akan mencoba menelaah buku bahasa dan sastra Indonesia untuk jenjang SMK bab lima tentang menggunakan kalimat tanya dan membuat teks para frasa dalam teks tertulis. Tentunya penelaahan kami jauh dari kesempurnaan dan untuk mengetahui materi-materi yang disajikan di bab tersebut memiliki kesesuaian keilmuan, kurikulum, dan memiliki kecocokan dengan kompetensi siswa, maka di bab selanjutnya akan dikaji lebih mendalam.


B.  Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian buku teks/ajar ?
2.    Apa tujuan bab lima pada buku teks ?
3.    Apa tema bab lima pada buku teks ?
4.    Pendekatan apa yang digunakan ?
5.    Materi apa yang terdapat dalam bab lima pada buku teks ?
6.    Metode apa yang digunakan dalam penyampaian bab lima pada buku teks ?
7.    Media apa yang digunakan dalam penyampaian bab lima pada buku teks ?
8.    Bagaimana penggunaan bahasa dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
9.    Bagaimana kesesuaian tampilan dan grafis bab lima pada buku teks ?

C.  Tujuan Makalah
1.    Mengetahui apa pengertian buku teks/ajar?
2.    Mengetahui apa tujuan bab lima pada buku teks?
3.    Mengetahui apa tema bab lima pada buku teks?
4.    Mengetahui pendekatan apa yang digunakan?
5.    Mengetahui materi apa yang terdapat dalam bab lima pada buku teks?
6.    Mengetahui metode apa yang digunakan dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
7.    Mengetahui media apa yang digunakan dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
8.    Mengetahui bagaimana penggunaan bahasa dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
9.    Mengetahui bagaimana kesesuaian tampilan dan grafis bab lima pada buku teks?

D.  Manfaat Makalah
Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu penulis dapat menelaah isi dari suatu buku teks, dan tahu isi materi buku tersebut, serta dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis, selain itu penulis dapat berbagi informasi kepada pembaca mengenai buku teks yang ditelaah.



BAB II
PEMBAHASAN
1.        Pengertian Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikut ini beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia.
Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915).
Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940).
“Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935).
“Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523).
Dari beberapa definisi tersebut, di dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia (Tarigan, 1986: 13) disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

2.        Tujuan
Secara umum buku teks ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan bahasa siswa, khususnya berbicara dan menulis. Dalam keterampilan bahasa berbicara yaitu menggunakan kalimat tanya sesuai dengan konteks komunikasi. Sedangkan dalam keterampilan bahasa menulis yaitu siswa dapat membuat parafrasa secara tertulis.
Buku teks ini sudah memenuhi tujuan buku teks yaitu dapat membimbing dan membekali siswa berupa pengetahuan yang luas dan mendalam tentang sebuah mata pelajaran. Dalam buku teks ini sudah membekali siswa tentang penggunaan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi dan membuat parafrasa dari teks tertulis.
3.        Tema
Tema dalam bab ini sudah terintegerasi dalam seluruh materi pelajaran. Di setiap alur pembelajarannya sudah terkonsep dengan baik, hal ini membuat alur bab tersusun dengan rapi. Pada pembelajaran tersebut mengenai menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi dan membuat parafrasa dari teks tertulis, materi tersebut merupakan pembahasan yang berkaitan dengan berbahasa lisan dan tertulis. Jadi tema yang terdapat dalam pembelajaran ini merupakan kebahasaan.
Tema dalam buku teks ini disajikan berdasarkan pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik, kebahasaan merupakan sentral dari setiap pembelajaran/buku teks bahasa Indonesia. Setiap materi pembelajaran mengandung unsur kebahasaan.
4.        Pendekatan
Buku teks ini menggunakan beberapa pendekatan, diantaranya pendekatan komunikatif, integratif, dan pendekatan kontekstual. Hal ini tergambar dari materi yang dijelaskan dan cara penyampaiannya. Materi digambarkan secara umum dengan menyertakan contoh–contoh, serta menyertakan latihan–latihan, sehingga siswa dituntun untuk mengkontruksikan sendiri secara aktif pemahamannya. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip pendekatan kontekstual. Selain itu diberikan latihan–latihan berupa wawancara, di mana siswa membuat pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber secara tertulis, kemudian mengutarakan pertanyaan tersebut secara lisan dan menyimak jawaban dari narasumber, yang mana sesuai dengan pendekatan integratif. Dan juga dari kegiatan wawancara tersebut siswa menjadi lebih kompeten dan komunikatif.
Dalam buku ini materi pembelajaran sangat berkaitan dengan kehidupan sehari–hari, misalnya pada pembelajaran memahami intonasi dan jeda, karena hal tersebut erat kaitannya dengan kehidupan sehari–hari contohnya siswa melakukan wawancara kepada narasumber dengan menggunakan kalimat tanya yang sesuai dengan situasi komunikasi.
5.        Materi
Materi yang terdapat dalam bab ini sudah sistematis dari segi penyajiannya. Materi buku sesuai dengan syarat-syarat dalam modul pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Isi buku pada bab ini sudah mencakup empat aspek kemampuan berbahasa. Kegiatan menulis terintegrasi pada kegiatan 1 dan 2. Pada kegiaatan 1 terdapat perintah untuk menulis kalimat tanya, dan pada kegiatan 2 terdapat perintah untuk merubah kalimat kalimat menjadi kalimat tanya
Pada setiap subbab materi yang disampaikan mengenai keterampilan menulis. Seperti dalam kegiatan satu ada perintah untuk menuliskan kalimat kalimat tanya yang benar untuk setiap kalimat jawaban yang sudah disediakan.
Sementara itu konsep dan teori yang disajikan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran sudah sesuai dengan definisi yang berlaku dalam ilmu bahasa. Bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan tingkat semanjana. Konsep dan teori dalam bab ini juga sesuai dengan praktik penggunaan kalimat tanya yang benar. Materi pada bab satu ini sudah sesuai dengan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
Aspek kognitif siswa tercermin dari materi tentang bagaimana siswa dapat menentukan kalimat kalimat tanya yang benar pada penggunaannya. Seperti pada kegiatan 1 yang memerintahkan siswa untuk menentukan kalimat tanya dengan ejaan yang benar.
Untuk aspek afektif siswa tercermin pada wacana yang  terdapat pada bab ini tentang bagaimana memilih kalimat tanya yang cocok untuk disampaikan kepada orang yang lebih tua atau teman sebaya, sehingga kita dapat memelihara kenyamanan, keharmonisan, kesantunan, dan keterbukaan hubungan antara penanya dan penjawab.
Sedangkan perkembangan psikomotor didapat siswa dari seluruh materi yang disajikan, hanya saja wujud nyata yang didapatkan oleh siswa dari aspek keterampilan berbahasa adalah dapat memahami kalimat kalimat tanya yang baik.
6.        Media
Media yang digunakan dalam bab ini adalah media eksplisit. Media eksplisit adalah media yang disajikan pada saat pembelajaran berlangsung. Bab ini menggunakan beberapa kalimat sebagai contoh untuk memudahkan siswa memahami mengenai materi tentang kalimat tanya dan parafrasa kalimat.
Dengan penggunaan media yang tepat, maka pemahaman materi pun akan semakin baik. Dalam media yang diberikan oleh buku teks yang sedang ditelaah ini, secara langsung memberikan pemaham yang cukup baik sehingga guru dapat mengembangkan dan lebih mempersempit wilayah materi yang sedang diajarkan sehingga materi dapat sampai dengan baik.
7.        Metode
Metode dalam penyampaian informasi dalam bab ini sudah cukup baik. Di awal materi di jelaskan terlebih dahulu prasyarat dimana siswa diharapkan sudah memahami kecakapan dasar dalam berbahasa lisan dan perbedaannya dengan kecakapan dalam berbahasa tertulis. Materi yang satu dengan yang lainnya terstuktur dengan baik dan saling berkaitan, setelah siswa belajar kalimat tanya kemudian siswa mempelajari parafrasa kalimat. Setiap pembelajaran yang dilakukan selalu disertai dengan latihan dan tugas. Dalam penyampaian materi juga disertai dengan contoh sehingga mampu memberi pemahaman yang lebih bagi siswa. Kata-kata yang ada dalam buku ini sudah cukup baku dan mudah dipahami oleh siswa, hal ini membuat siswa cepat menyerap materi yang disampaikan. Selain itu pada saat siswa akan mengikuti kegiatan materi, siswa diberi pengantar semacam apersepsi. Dengan metode seperti ini, maka hasil yang dicapai oleh siswa dapat maksimal dan tepat sasaran.
8.        Evaluasi
Sistem evaluasi atau penilaian berupa latihan soal dan tugas pada bab ini sudah cukup baik. Setiap siswa selesai mempelajari satu materi, siswa di berikan latihan soal. Tugas dan latihan dibuat tidak jauh dari materi yang disampaikan sebelumnya sehingga siswa tidak akan kesulitan untuk mengerjakan dan diharapkan siswa dapat memahami materi ini dengan baik Evaluasi dalam bab ini semuanya berupa tugas individu. Evaluasi pada bab 5 ini tidak hanya disajikan setiap subbab tetapi di akhir pembahasan pun ada. Di akhir materi pada buku ajar ini, siswa di berikan 20 soal pilihan ganda.

9.        Bahasa
Penggunaan bahasa dalam buku teks  sangatlah penting bagi pemahaman peserta didik tentang materi yang sedang diajarkan. Bahasa memiliki daya tarik sehingga peserta didik mau membaca dan memahami sendiri.
Secara keseluruhan penggunaan bahasa dalam bab ini bisa dikatakan cukup baik. Penggunaan bahasa indonesianya sudah benar dan baku. Penggunaan istilah, kosa kata, dan simbol-simbol pun tidak mempersulit pembacanya. Satu hal yang menarik dari buku ini, adalah penggunaan kalimatnya yang dibuat seperti penulis sedang berinteraksi dengan pembacanya. Contohnya dalam kalimat “kalimat tanya kita gunakan ketika ingin mengetahui….”(hal:90) Dan “kamu sendiri dapat merasakan betapa banyaknya kalimat tanya yang kamu gunakan…” (hal:92). Bila dibandingkan dengan buku ajar…. Hal ini tentu menjadi nilai tambah buku ini untuk menambah minat membaca siswa. Jadi ketika membaca buku teks ini, siswa tidak akan merasa bosan. Siswa akan merasa seolah-olah sedang diajarkan langsung oleh si penulis buku tersebut.
Namun begitu, dalam buku teks ini guru tidak akan kesulitan dalam mengembangkan materi pengajarannya, karena pemadatan materi yang ada dalam buku teks ini yang membuat masih banyak ruang kosong untuk improvisasi guru.
10.    Grafis atau Tampilan
Pembelajaran dikombinasikan dengan gambar, grafis, tabel/bagan agar siswa dapat lebih tertarik dan mudah menyerap pembelajaran. Tidak banyak ilustrasi yang ditampilkan pada bab ini, hanya terdapat satu gambar ilustrasi pada hal 50. Selebihnya lebih banyak diisi dengan tabel-tabel yang mudah untuk dipahami pembaca. Namun akan lebih baik jika ilustrasi yang ditampilkan sedikit lebih banyak. Karena pada dasarnya gambar lebih mudah diingat dibanding dengan tulisan. Meski begitu secara keseluruhan grafis atau tampilan yang ada pada buku teks ini sudah sangat baik.



BAB III
PENUTUP

A.  Simpulan
Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran. Secara umum buku teks ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa, khususnya dalam keterampilan berbicara dan menulis. Dalam keterampilan berbicara yaitu siswa dapat menggunakan kalimat tanya sesuai dengan konteks komunikasi. Sedangkan dalam keterampilan bahasa menulis yaitu siswa dapat membuat parafrasa secara tertulis.
Tema dalam bab lima ini lebih mengenai kebahasaan. Karena sesuai dengan kompetensi dasar yaitu menggunakan kalimat tanya dan membuat teks para frasa dalam teks tertulis. Jadi, dalam bab ini lebih menekankan dan menjelaskan tentang kebahasaan pada penggunaan kalimat dalam keterampilan berbahasa baik berbicara maupun menulis. Pendekatan yang digunakan dalam modul ini adalah dengan menggunakan pendekatan komunikatif, Integratif dan kontekstual.  Materi yang terdapat pada bab lima ini menekankan pada aspek kebahasaan, yaitu dalam tataran sintaksis. Sedangkan aspek kesusatraannya tidak terdapat dalam bab lima pada buku teks ini. Akan tetapi, guru dapat menyampaikan aspek kesusastraan dalam materi seperti parafrasa dalam puisi, dll. dan itupun hanya sebagai teori sastra. Aspek keterampilan berbahasa dalam bab lima ini melibatkan aspek keterampilan berbicara dan menulis yang menitik fokuskan pada penggunaan kalimat tanya sesuai dengan konteks komunikasi dan pembuatan teks parafrasa secara tertulis.
Metode dalam penyampaian informasi dalam bab empat ini sudah cukup baik. Di awal materi dijelaskan terlebih dahulu prasyarat untuk mengikuti kegiatan selanjutnya agar siswa terlebih dahulu belajar di rumah untuk mengenali pengertian dan ciri-ciri kalimat tanya serta kegunaannya. Materi yang satu dengan yang lainnya terstuktur dengan baik dan saling berkaitan. Setiap pembelajaran yang dilakukan selalu disertai dengan latihan dan tugas. Media yang digunakan dalam pembahasan pada bab lima ini adalah dengan menggunakan media yang disajikan pada saat pembelajaran berlangsung (eksplisit).
Evaluasi baik yang bersifat sebelum pembelajaran maupun setelah pembelajaran yang ada dalam buku teks ini sangat bervariasi. Selain dengan penugasan, pelatihan dan mengerjakan tugas-tugas baik secara individu maupun kelompok. Bervariasinya evaluasi ini bisa menghindarkan siswa dari kebosanan terhadap latihan dan tugas-tugas yang monoton dan menjemukan. Bahasa yang digunakan dalam buku teks ini sudah sesuai dengan bahasa yang baik dan benar. Baik artinya sesuai dengan konteks situasi dan kondisi dan benar artinya sesuai dengan kaidah-kaidah baku yang berlaku. Atau singkatnya bahasa yang digunakan dalam buku teks ini sudah pragmatis. Pembelajaran bab lima pada buku Kreatif Berbahasa Indonesia ini, selain terdapat materi yang berupa teks wacana, dalam bab ini juga terdapat terdapat ilustrasi berupa gambar, grafis, tabel/bagan yang mendukung dan sesuai dengan pembahasan sehingga siswa lebih tertarik dan mudah menyerap pembelajaran.

B.  Saran
Secara keseluruhan buku teks yang telah ditelaah sudah cukup pantas untuk menjadi buku pedoman pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat semenjana. Buku teks ini memiliki pokok bahasan yang jelas hanya saja buku teks ini masih bersifat umum dan belum mengacu pada penjurusan yang telah dipilih oleh peserta didik, sehingga implikasi dari pembelajarannya kurang terlihat. Sumber dalam buku teks ini sudah sangat baik hanya saja kekurangannya yaitu materi yang menjadi pembahasan tidak terlalu membicarakan sesuatu yang sedang terjadi.

No comments:

Post a Comment