TELAAH
BUKU TEKS KELAS X SMK TINGKAT SEMENJANA
MAKALAH
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
matakuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks
dosen pengampu: Drs. Denny Iskandar,
M.Pd.

disusun oleh:
Abdillah Al Hafidz NIM 1102448
Agnia Purwa Andani NIM 1104999
Irene Mutiara Khaeranti NIM 1105288
Tri Cahyana Nugraha NIM 1105497
Miraz Hidayatullah NIM 1103752
DIK B
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2013
KATA PENGANTAR
Penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt yang
telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah ini.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata
kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks. Makalah ini menganalisis tentang bab
lima pada buku teks Bahasa Indonesia untuk jenjang SMK. Makalah ini terdiri
atas tiga bab, bab satu pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah,
tujuan penulisan makalah, dan manfaat penulisan makalah. Bab dua pembahasan berisi
pengertian buku teks, tujuan dari bab lima ini, materi yang terdapat dalam buku
teks, pendekatan, metode yang digunakan, evaluasi yang terdapat dalam buku
teks, bahasa yang digunakan, serta grafis. Bab tiga berisi simpulan dan saran
dan terakhir daftar pustaka. Penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan
berbagai pihak. Maka, penulis
menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah
membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis tidak menutup kemungkinan dalam penyusunan makalah
ini terdapat kesalahan. Oleh karena itu, penulis berharap Bapak/Ibu Dosen dapat
memberikan kritik dan saran yang membangun/konstruktif demi perbaikan makalah
kedepan.
Bandung, Mei 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ..........................................................................................................
i
DAFTAR ISI
.........................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
............................................................................................................1
B.
Rumusan Masalah
...................................................................................................... 2
C.
Tujuan.......................................................................................................................... 2
D.
Manfaat Penulisan
...................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Buku
Teks..................................................................................................3
B.
Tujuan Buku
Teks........................................................................................................ 3
C.
Tema............................................................................................................................ 4
D.
Pendekatan................................................................................................................... 4
E. Materi...........................................................................................................................5
F.
Metode......................................................................................................................... 5
G. Media............................................................................................................................6
H. Evaluasi........................................................................................................................6
I.
Bahasa..........................................................................................................................7.
J.
Tampilan dan Grafis
.................................................................................................. 7
BAB III PENUTUP
A.
Simpulan..................................................................................................................... 9
Saran...........................................................................................................................10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bahwa buku
pelajaran atau buku teks/ buku ajar bahasa indonesia bermacam ragam dari
berbagai pengarang. latar belakang penulisan makalah ini bertujuan untuk
menelaah buku teks bahasa Indonesia pada jenjang SMK, untuk mengetahui
bagaimana isi dari buku tersebut, bahasa yang digunakan, apakah bahasa yang
digunakan mudah dimengerti atau tidak, relevan dan masih digunakan (tidak
ketinggalan zaman).
Buku teks
yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang
relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode
dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah
teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku teks ini sudah sesuai atau
belum. Nilai
buku teks bergantung pada bobotnya, juga pada misi, dan juga fungsinya.
Buku teks memiliki keterkaitan
dengan proses pembelajaran. Sehingga, setiap guru dan lebih-lebih calon guru
hendaknya membekali dirinya dengan pengetahuan tentang telaah buku teks. Guru harus
secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam
pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku teks terbaik, hal
tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya.
Buku teks memegang peranan penting
dalam pengajaran yang dapat memperlancar aktivitas siswa dalam pembelajaran,
baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Semakin baik kualitas buku teks, maka
semakin sempurna pengajaran mata pelajaran yang ditunjang oleh buku teks
tersebut. Buku ajar mengenai bahasa Indonesia untuk jenjang SMK yang bermutu,
jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Indonesia dan hasil
pengajaranya.
Kami dari kelompok lima akan mencoba
menelaah buku bahasa dan sastra Indonesia untuk jenjang SMK bab lima tentang menggunakan
kalimat tanya dan membuat teks para frasa dalam teks tertulis. Tentunya penelaahan kami jauh dari
kesempurnaan dan untuk mengetahui materi-materi yang disajikan di bab
tersebut memiliki kesesuaian keilmuan, kurikulum, dan memiliki kecocokan dengan
kompetensi siswa, maka di bab selanjutnya akan dikaji lebih mendalam.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian buku teks/ajar ?
2. Apa tujuan bab lima pada buku teks ?
3. Apa tema bab lima pada buku teks ?
4. Pendekatan apa yang digunakan ?
5. Materi apa yang terdapat dalam bab
lima pada buku teks ?
6. Metode apa yang digunakan dalam
penyampaian bab lima pada buku teks ?
7. Media apa yang digunakan dalam
penyampaian bab lima pada buku teks ?
8. Bagaimana penggunaan bahasa dalam
penyampaian bab lima pada buku teks?
9. Bagaimana kesesuaian tampilan dan
grafis bab lima pada buku teks ?
C.
Tujuan Makalah
1. Mengetahui apa pengertian buku
teks/ajar?
2. Mengetahui apa tujuan bab lima pada
buku teks?
3. Mengetahui apa tema bab lima pada
buku teks?
4. Mengetahui pendekatan apa yang
digunakan?
5. Mengetahui materi apa yang terdapat
dalam bab lima pada buku teks?
6. Mengetahui metode apa yang digunakan
dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
7. Mengetahui media apa yang digunakan
dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
8. Mengetahui bagaimana penggunaan
bahasa dalam penyampaian bab lima pada buku teks?
9. Mengetahui bagaimana kesesuaian
tampilan dan grafis bab lima pada buku teks?
D.
Manfaat Makalah
Manfaat
dari penulisan makalah ini yaitu penulis dapat menelaah isi dari suatu buku
teks, dan tahu isi materi buku tersebut, serta dapat menambah pengetahuan dan
wawasan bagi penulis, selain itu penulis dapat berbagi informasi kepada pembaca
mengenai buku teks yang ditelaah.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Buku Teks
Ada
beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikut ini beberapa
pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia.
Buku
teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan
tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915).
Buku
teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri
dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940).
“Buku
teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun
dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi
dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935).
“Buku
teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di
perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian
modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523).
Dari
beberapa definisi tersebut, di dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia
(Tarigan, 1986: 13) disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam
bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para
pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang
diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami
oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat
menunjang suatu program pengajaran.
2.
Tujuan
Secara
umum buku teks ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan bahasa siswa,
khususnya berbicara dan menulis. Dalam keterampilan bahasa berbicara yaitu
menggunakan kalimat tanya sesuai dengan konteks komunikasi. Sedangkan dalam
keterampilan bahasa menulis yaitu siswa dapat membuat parafrasa secara
tertulis.
Buku
teks ini sudah memenuhi tujuan buku teks yaitu dapat membimbing dan membekali
siswa berupa pengetahuan yang luas dan mendalam tentang sebuah mata pelajaran.
Dalam buku teks ini sudah membekali siswa tentang penggunaan kalimat tanya
secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi dan membuat parafrasa dari
teks tertulis.
3.
Tema
Tema dalam bab ini sudah terintegerasi
dalam seluruh materi pelajaran. Di setiap alur pembelajarannya sudah terkonsep
dengan baik, hal ini membuat alur bab tersusun dengan rapi. Pada pembelajaran
tersebut mengenai menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan
situasi komunikasi dan membuat parafrasa dari teks tertulis, materi tersebut
merupakan pembahasan yang berkaitan dengan berbahasa lisan dan tertulis. Jadi
tema yang terdapat dalam pembelajaran ini merupakan kebahasaan.
Tema dalam buku teks ini disajikan
berdasarkan pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik, kebahasaan
merupakan sentral dari setiap pembelajaran/buku teks bahasa Indonesia. Setiap
materi pembelajaran mengandung unsur kebahasaan.
4.
Pendekatan
Buku teks ini menggunakan beberapa
pendekatan, diantaranya pendekatan komunikatif, integratif, dan pendekatan
kontekstual. Hal ini tergambar dari materi yang dijelaskan dan cara
penyampaiannya. Materi digambarkan secara umum dengan menyertakan contoh–contoh,
serta menyertakan latihan–latihan, sehingga siswa dituntun untuk mengkontruksikan
sendiri secara aktif pemahamannya. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip
pendekatan kontekstual. Selain itu diberikan latihan–latihan berupa wawancara,
di mana siswa membuat pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber secara
tertulis, kemudian mengutarakan pertanyaan tersebut secara lisan dan menyimak
jawaban dari narasumber, yang mana sesuai dengan pendekatan integratif. Dan juga
dari kegiatan wawancara tersebut siswa menjadi lebih kompeten dan komunikatif.
Dalam buku ini materi pembelajaran
sangat berkaitan dengan kehidupan sehari–hari, misalnya pada pembelajaran
memahami intonasi dan jeda, karena hal tersebut erat kaitannya dengan kehidupan
sehari–hari contohnya siswa melakukan wawancara kepada narasumber dengan
menggunakan kalimat tanya yang sesuai dengan situasi komunikasi.
Materi yang terdapat dalam bab ini sudah
sistematis dari segi penyajiannya. Materi buku sesuai dengan syarat-syarat
dalam modul pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Isi buku pada bab ini
sudah mencakup empat aspek kemampuan berbahasa. Kegiatan menulis terintegrasi
pada kegiatan 1 dan 2. Pada kegiaatan 1 terdapat perintah untuk menulis kalimat
tanya, dan pada kegiatan 2 terdapat perintah untuk merubah kalimat kalimat
menjadi kalimat tanya
Pada
setiap subbab materi yang disampaikan mengenai keterampilan menulis.
Seperti dalam kegiatan satu ada perintah untuk menuliskan kalimat kalimat tanya
yang benar untuk setiap kalimat jawaban yang sudah disediakan.
Sementara itu konsep dan teori yang
disajikan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran sudah sesuai dengan definisi
yang berlaku dalam ilmu bahasa. Bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan
tingkat semanjana. Konsep dan teori dalam bab ini juga sesuai dengan praktik
penggunaan kalimat tanya yang benar. Materi pada bab satu ini sudah sesuai
dengan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
Aspek kognitif siswa tercermin dari
materi tentang bagaimana siswa dapat menentukan kalimat kalimat tanya yang
benar pada penggunaannya. Seperti pada kegiatan 1 yang memerintahkan siswa
untuk menentukan kalimat tanya dengan ejaan yang benar.
Untuk aspek afektif siswa tercermin pada
wacana yang terdapat pada bab ini
tentang bagaimana memilih kalimat tanya yang cocok untuk disampaikan kepada
orang yang lebih tua atau teman sebaya, sehingga kita dapat memelihara
kenyamanan, keharmonisan, kesantunan, dan keterbukaan hubungan antara penanya
dan penjawab.
Sedangkan perkembangan psikomotor
didapat siswa dari seluruh materi yang disajikan, hanya saja wujud nyata yang
didapatkan oleh siswa dari aspek keterampilan berbahasa adalah dapat memahami
kalimat kalimat tanya yang baik.
6.
Media
Media yang digunakan dalam bab ini adalah
media eksplisit. Media eksplisit adalah media yang disajikan pada saat
pembelajaran berlangsung. Bab ini menggunakan beberapa kalimat sebagai contoh
untuk memudahkan siswa memahami mengenai materi tentang kalimat tanya dan
parafrasa kalimat.
Dengan penggunaan media yang tepat, maka
pemahaman materi pun akan semakin baik. Dalam media yang diberikan oleh buku
teks yang sedang ditelaah ini, secara langsung memberikan pemaham yang cukup
baik sehingga guru dapat mengembangkan dan lebih mempersempit wilayah materi
yang sedang diajarkan sehingga materi dapat sampai dengan baik.
7.
Metode
Metode dalam penyampaian informasi dalam
bab ini sudah cukup baik. Di awal materi di jelaskan terlebih dahulu prasyarat dimana
siswa diharapkan sudah memahami kecakapan dasar dalam berbahasa lisan dan
perbedaannya dengan kecakapan dalam berbahasa tertulis. Materi yang satu dengan
yang lainnya terstuktur dengan baik dan saling berkaitan, setelah siswa belajar
kalimat tanya kemudian siswa mempelajari parafrasa kalimat. Setiap pembelajaran
yang dilakukan selalu disertai dengan latihan dan tugas. Dalam penyampaian
materi juga disertai dengan contoh sehingga mampu memberi pemahaman yang lebih
bagi siswa. Kata-kata yang ada dalam buku ini sudah cukup baku dan mudah
dipahami oleh siswa, hal ini membuat siswa cepat menyerap materi yang
disampaikan. Selain itu pada saat siswa akan mengikuti kegiatan materi, siswa
diberi pengantar semacam apersepsi. Dengan metode seperti ini, maka hasil yang
dicapai oleh siswa dapat maksimal dan tepat sasaran.
8.
Evaluasi
Sistem
evaluasi atau penilaian berupa latihan soal dan tugas pada bab ini sudah cukup
baik. Setiap siswa selesai mempelajari satu materi, siswa di berikan latihan
soal. Tugas dan latihan dibuat tidak jauh dari materi yang disampaikan sebelumnya
sehingga siswa tidak akan kesulitan untuk mengerjakan dan diharapkan siswa
dapat memahami materi ini dengan baik Evaluasi dalam bab ini semuanya berupa
tugas individu. Evaluasi pada bab 5 ini tidak hanya disajikan setiap subbab
tetapi di akhir pembahasan pun ada. Di akhir materi pada buku ajar ini, siswa
di berikan 20 soal pilihan ganda.
9.
Bahasa
Penggunaan bahasa dalam buku teks sangatlah penting bagi pemahaman peserta
didik tentang materi yang sedang diajarkan. Bahasa memiliki daya tarik sehingga
peserta didik mau membaca dan memahami sendiri.
Secara keseluruhan penggunaan bahasa
dalam bab ini bisa dikatakan cukup baik. Penggunaan bahasa indonesianya sudah
benar dan baku. Penggunaan istilah, kosa kata, dan simbol-simbol pun tidak
mempersulit pembacanya. Satu hal yang menarik dari buku ini, adalah penggunaan
kalimatnya yang dibuat seperti penulis sedang berinteraksi dengan pembacanya.
Contohnya dalam kalimat “kalimat tanya kita
gunakan ketika ingin mengetahui….”(hal:90) Dan “kamu sendiri dapat merasakan betapa banyaknya kalimat tanya yang kamu gunakan…” (hal:92). Bila
dibandingkan dengan buku ajar…. Hal ini tentu menjadi nilai tambah buku ini
untuk menambah minat membaca siswa. Jadi ketika membaca buku teks ini, siswa
tidak akan merasa bosan. Siswa akan merasa seolah-olah sedang diajarkan
langsung oleh si penulis buku tersebut.
Namun begitu, dalam buku teks ini guru
tidak akan kesulitan dalam mengembangkan materi pengajarannya, karena pemadatan
materi yang ada dalam buku teks ini yang membuat masih banyak ruang kosong
untuk improvisasi guru.
10.
Grafis
atau Tampilan
Pembelajaran
dikombinasikan dengan gambar, grafis, tabel/bagan agar siswa dapat lebih
tertarik dan mudah menyerap pembelajaran. Tidak banyak ilustrasi yang
ditampilkan pada bab ini, hanya terdapat satu gambar ilustrasi pada hal 50.
Selebihnya lebih banyak diisi dengan tabel-tabel yang mudah untuk dipahami
pembaca. Namun akan lebih baik jika ilustrasi yang ditampilkan sedikit lebih
banyak. Karena pada dasarnya gambar lebih mudah diingat dibanding dengan
tulisan. Meski begitu secara keseluruhan grafis atau tampilan yang ada pada
buku teks ini sudah sangat baik.
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Buku teks
adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar,
yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan
intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi
dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi
sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran. Secara
umum buku teks ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa,
khususnya dalam keterampilan berbicara dan menulis. Dalam keterampilan
berbicara yaitu siswa dapat menggunakan kalimat tanya sesuai dengan konteks
komunikasi. Sedangkan dalam keterampilan bahasa menulis yaitu siswa dapat
membuat parafrasa secara tertulis.
Tema
dalam bab lima ini lebih mengenai kebahasaan. Karena sesuai dengan kompetensi
dasar yaitu menggunakan kalimat tanya dan membuat teks para frasa dalam teks
tertulis. Jadi, dalam bab ini lebih menekankan dan menjelaskan tentang
kebahasaan pada penggunaan kalimat dalam keterampilan berbahasa baik berbicara
maupun menulis. Pendekatan yang digunakan dalam modul ini adalah dengan
menggunakan pendekatan komunikatif, Integratif dan kontekstual. Materi yang terdapat pada bab lima ini
menekankan pada aspek kebahasaan, yaitu dalam tataran sintaksis. Sedangkan aspek
kesusatraannya tidak terdapat dalam bab lima pada buku teks ini. Akan tetapi,
guru dapat menyampaikan aspek kesusastraan dalam materi seperti parafrasa dalam
puisi, dll. dan itupun hanya sebagai teori sastra. Aspek keterampilan berbahasa
dalam bab lima ini melibatkan aspek keterampilan berbicara dan menulis yang
menitik fokuskan pada penggunaan kalimat tanya sesuai dengan konteks komunikasi
dan pembuatan teks parafrasa secara tertulis.
Metode
dalam penyampaian informasi dalam bab empat ini sudah cukup baik. Di awal
materi dijelaskan terlebih dahulu prasyarat untuk mengikuti kegiatan
selanjutnya agar siswa terlebih dahulu belajar di rumah untuk mengenali
pengertian dan ciri-ciri kalimat tanya serta kegunaannya. Materi yang satu
dengan yang lainnya terstuktur dengan baik dan saling berkaitan. Setiap
pembelajaran yang dilakukan selalu disertai dengan latihan dan tugas. Media
yang digunakan dalam pembahasan pada bab lima ini adalah dengan menggunakan media
yang disajikan pada saat pembelajaran berlangsung (eksplisit).
Evaluasi baik yang bersifat sebelum
pembelajaran maupun setelah pembelajaran yang ada dalam buku teks ini sangat
bervariasi. Selain dengan penugasan, pelatihan dan mengerjakan tugas-tugas baik
secara individu maupun kelompok. Bervariasinya evaluasi ini bisa menghindarkan
siswa dari kebosanan terhadap latihan dan tugas-tugas yang monoton dan menjemukan.
Bahasa
yang digunakan dalam buku teks ini sudah sesuai dengan bahasa yang baik dan
benar. Baik artinya sesuai dengan konteks situasi dan kondisi dan benar artinya
sesuai dengan kaidah-kaidah baku yang berlaku. Atau singkatnya bahasa yang
digunakan dalam buku teks ini sudah pragmatis. Pembelajaran
bab lima pada buku Kreatif Berbahasa
Indonesia ini, selain terdapat materi yang berupa teks wacana, dalam bab
ini juga terdapat terdapat ilustrasi berupa gambar,
grafis, tabel/bagan yang mendukung dan sesuai dengan pembahasan sehingga siswa
lebih tertarik dan mudah menyerap pembelajaran.
B.
Saran
Secara
keseluruhan buku teks yang telah ditelaah sudah cukup pantas untuk menjadi buku
pedoman pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat semenjana. Buku teks ini memiliki
pokok bahasan yang jelas hanya saja buku teks ini masih bersifat umum dan belum
mengacu pada penjurusan yang telah dipilih oleh peserta didik, sehingga
implikasi dari pembelajarannya kurang terlihat. Sumber dalam buku teks ini
sudah sangat baik hanya saja kekurangannya yaitu materi yang menjadi pembahasan
tidak terlalu membicarakan sesuatu yang sedang terjadi.
No comments:
Post a Comment